Halaman

Kamis, 15 Juli 2010

Blue Ocean Strategy Indonesia



Blue Ocean digambarkan sebagai suatu situasi di mana kompetisi menjadi tidak relevan lagi. Konsep dasar samudra biru adalah invovasi nilai, bisa di bidang apa saja tidak dibatasi hanya inovasi bidang teknologi seperti halnya teknologi informasi yang selalu berinovasi setiap saat.

ciri samudra biru adalah: pesaing sudah tidak relevan lagi, menciptakan dan menangkap permintaan pasar baru, memecahkan value cost trade off, aliansi sistem dan aktivitas untuk mengejar perbedaan dan biaya rendah, serta menciptakan pasar yang baru.

Prinsip strategi samudra biru ini adalah berani melakukan perubahan dan tahu apa yang dibutuhkan konsumen atau pengguna. Jika hal ini terpenuhi, maka semestinya pekerjaan menjual akan menjadi mudah.
Di dunia, bidang teknologi informasi, contohnya ketika jaman set server komputer masih dirajai IBM, Hewlett Packard/Compaq membuat revolusi set server komputer yang memudahkan pemakai tetap terjaga datanya ketika satu unit server sedang rusak. Secara otomatis sistem server HP/Compaq menyebarkan data dari unit server yang rusak ke beberapa unit server lain sehingga data tidak hilang. Setelah server yang rusak diperbaiki, maka sistem secara otomatis mengembalikan lagi data yang pindah sementara ke unit-unit server yang lain, ke server yang sudah beres tsb. Inovasi ini membuat HP/Compaq semakin berkilau tetapi IBM yang tidak lakukan inovasi apa-apa karena merasa sudah merajai bisnis server, pamornya semakin meredup lalu hilang.

perhatikan iklan penawaran jasa dari orang-orang yang terkenal di dunia magis, klenik macam Ki Joko Bodo, Mbah Suroso, sampai Mama Lauren dan ilusionis Deddy Corbuzier. Umumnya mereka mengajak pemirsa untuk cepat ambil hape mereka dan kirim sms dengan format (contoh yang saya ingat) seperti ini : " ketik REG (spasi) PRIMBON kirim ke XXXX " (empat digit ini nomor penyedia jasa layanan sms, premium). Alhasil si penyedia jasa layanan sms menangguk untung besar dari jasa layanan sms ini karena tahu persis, banyak masyarakat Indonesia yang masih kepingin tahu nasib atau peruntungan masa depan yang sebetulnya hanya Tuhan Yang Mahakuasa saja yang empunya.
Contoh yang lebih mudah lagi, untuk kategori hape. Sebagai konsumen, kami bisa memberi rekomendasi bahwa hape yang kuat dan tahan banting adalah Motorola. Tetapi kenapa pemasaran Motorola ini masih kalah berkilau dibanding penjualan hape Nokia? Karena Nokia berani melakukan inovasi baik di fitur, model maupun fungsi. Nokia hampir setiap saat berani ganti model hape meski mungkin saja isi ponselnya tidak banyak berubah. Model Nokia yang dapat saya jadikan contoh adalah hape Nokia 6670 dengan 7610, mesinnya sama cuma tampilan casingnya yang berbeda. Model Nokia 7610 lebih centil dan lebih menarik mata para konsumen sehingga lebih banyak terjual daripada Nokia N 6670 yang nota bene semua fungsi dan fiturnya sama persis dengan N 6670.
Kelemahan:
1. biaya promosi sangat tinggi
mengenalkan produk dari strategy blue ocean sangat menguras biaya promosi, hal ini diikuti dengan tujuan pemasaran blue ocean, yaitu penguasaan pasar secara menyeluruh.

2. tanpa inovasi akan bergeser ke red ocean
mengeluarkan produk blue ocean pertama kali sebagai satu-satunya produk diversifikasi di pasaran sangat membutuhkan inovasi yang lebih lanjut dan berkala agar produk mampu bertahan dan produk terus digunakan masyarakat tanpa harus takut tersaingi dari produk lain.
3. pemasaran tidak mencapai seluruh wilayah
jangkauan pemasaran tidak selalu sampai ke seluruh wilayah karena masih adanya hambatan dari segi infrastruktur dan penyebaran penduduk yang tidak merata disetiap wilayahnya untuk mengkonsumsi produk yang bersangkutan.
4. pilihan terbatas
terbatasnya produk memungkinkan ketergantungan konsumsi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini dikarenakan produk bersifat homogen, sehingga masyarakat tidak mempunyai pilihan selain produk tersebut.
kelebihan:
1. menguasai pasar
terciptanya pasar baru bagi produk blue ocean yang jauh dari persaingan pasar, memungkinkan masyarakat akan terus menggunakan produk tersebut. Ketergantungan ini akan menimbulkan penguasaan konsumen yang terus bekelanjutan.
2. memonopoli harga
karena sifat produk yang tunggal di pasaran memudahkan produsen untuk memainkan harga sesuai dengan keinginan tanpa harus takut kehilangan konsumen dari perubahan harga.
3. terciptanya modernisasi
Ketakutan hilangnya pasar baru yang telah diciptakan sekaligus telah dikuasai produsen,akan memotivasi produsen untuk melakukan suatu inovasi produk yang akan berdampak pada modernisasi.
Teori yang bersangkutan dengan blue ocean strategy:
tujuan dari blue ocean adalah menciptakan pasar baru yang berbeda,strategi ini lebih membuat masyarakat untuk lebih tertarik pada produk yang mereka hasilkan,apabila sudah kena target pasar maka insya allah produk ini akan betahan cukup lama dan dikenal masyarakat.

Blue Ocean Strategy memberikan inovasi dalam memasuki bisnis tanpa persaingan, namun selalu inovasi tidak bisa berjalan bersamaan dengan sempurna apabila perusahaan atau organisasi hanya menitik beratkan pada pencapain kinerja untuk memperoleh profit yang besar. sehingga kadang perusahaan atau organisasi yang besar tidak begitu memikirkan inovasi . hal ini dapat kita lihat dari minimnya research yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar