Laman

Rabu, 03 Februari 2010

Myoma uteri,,!! Pebnting di ketahui




“Asal pasti myoma uteri tidak diketahui, tetapi mungkin berasal dari unisaluler dan dan pertumbuhannya di pengaruhi oleh berbagai hormone seperti estrogen, growth hormone dan progesterone. Faktor resiko terjadinya myoma uteri yaitu nuliparitas (tidak punya anak), hipertensi, kegemukan, riwayat keluarga dan ras kulit hitam,” ujar dr Yuri Kamila Kurdi SpOG.
Menurutnya ,walaupun penyebabnya belum jelas, pertumbuhan myoma uteri di mulai pada usia reproduksi, dapat membesar atau mengecil selama kehamilan dan mengecil pada saat menopause.“Terkadang wanita mengetahui adanya myoma uteri saat mereka melakukan pemeriksaan ke dokter karena mengalami keluhan tertentu. “keluhan itu seperti nyeri pada saat haid, haid banyak dan tidak teratur (menorrhagia), gangguan berkemih dan rasa tidak nyaman pada perut bawah,” ungkap dokter murah senyum ini.
Selain itu, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RSABYK Madira mengatakan, keluhan lainnya berupa infertilisasi (sulit hamil), komplikasi kehamilan, misal keguguran. Insiden terjadinya myoma uteri meningkat sejalan dengan meningkatnya usia. Pada satu penelitian, insiden myoma uteri adalah 4% wanita pada usia 20-30 tahun, 11-18% pada usia 30-40 tahun dan 33% pada wanita 40 hingga 60 tahun.
Yuri menjelaskan, berbagai jenis myoma uteri dapat mempangaruhi kesehatan usia reproduksi dan terapi yang akan diberikan. Berdasarkan jensnya myoma uteri terbagi mejadi 3 yaitu berdasarkan letaknya: subserosa, intramural submukosa. Dikatakan subserosa bila letak myoma berada di bagian terluar rahim sehingga tidak mempengaruhi rongga rahim. Pada myoma subserosa, lanjutnya, kadang bentuknya bertangkai sehingga disebut juga pedunculated myoma.
Myoma intramural, sambungnya, bila myoma sudah memasuki lapisan otot rahim dan submukosa bila myoma sudah masuk ke rongga rahim dan mempengaruhi bentuknya. Myoma jenis inilah yang sering menimbulakan keluhan pendarahan tak teratur dan sulit hamil (infertilisasi). Sedangkan keluhan nyeri perut gannguan berkemih dan buang air besar biasanya disebabkan karena ukuran myoma yang begitu besar sehingga menyebabkan penekanan ke organ-organ sekitarnya.
Diagnosis myoma uteri dapat ditegakkan bila anda mengeluh gejala-gejala yang telah disebutkan di atas disertai terabanya massa tumor pada pemeriksaan dokter. Bila memungkinkan, dapat saja dilakukan pemeriksaan penunjang seprti ultrasonografi (USG) sonohysterografi, histeroskopi dan MRI ( magnetic resonance imaging) untuk membantu penegakkan dianogsa. Dengan alat tersebut dapat ditentukan letak, ukuran dan degenerasi yang terjadi pada myoma tersebut.
Bila saat ini anda sedang hamil tetapi menderita myoma uteri, sebaiknya anda menjaga kehamilan dengan ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan myoma uteri juga dapat berpengaruh pada kehamilan anda. Pengaruh myoma uteri terhadap kehamilan antara lain keguguran mengancam dan persalinan kurang bulan. Hal ini terjadi karena kontraksi rahim yang diperburuk dengan adanya myoma uteri.
Selain itu lapisan plasenta bisa terjadi karena letak implantasi plasenta yang berada pada permukaan myoma, terutama pada myoma submukosa. Adanya myoma juga meningkatkan resiko seksiosesar, kelinan letak janin (letak lintang, letak sungsang) pertumbuhan janin terhambat, ketuban pecah dini, retensi sisa plasenta dan pendarahan setelah melahirkan (pendarahan yang lebih dari 500ml).
Komplikasi ini tergantung dari lokas myoma uteri, ukuran myoma dan struktur ekhogeniknya. Komplikasi yang jarang pada saat hamil bisa berupa obstruksi saluran kemih, keganasan selama atau sudah melahirkan, sepsis dan demam yang bisa disebabkan torsi myoma bertangkai.
Bagaiman bila anda terdianogsis myoma uteri? Apakah operasi meripakan pilihan? Menurut Yuri, sebetulnya berbagai terapi biasa dilakukan untuk Anda dengan myoma uteri. Terapi ini juga bergantung dengan ukuran dan lokasi myoma dan keluhan yang dialami. Selain itu perlu ditinjau apakah Anda saat ini sedang hamil, mengalami sulit hamil (infertilisasi) dan masi ingin memilki keturunan

1 komentar:

  1. need ur help....

    bisa bagi info lain dak?? kami br di vonis myoma nehhh....bingungggggggg..... add YM kami y, di iyankcaem@yahoo.com

    ....tengkyu

    BalasHapus