Halaman

Rabu, 03 Februari 2010

Hipospadi , mintak tolong jangan disunat>>




Tak banyak orang tua mewaspadai kelainan alat kelamin anaknya. Meski jarang, terdapat banyak kasus kelainan genetalia laki-laki yang disebut hipospadi. Pada kondisi ini lubang muara uretra (saluran kencing) berada di bawah penis. Pada penis muncul chordea, suatu jaringan ikat yang berada antara lubang bawaan dengan ujung penis.
Akibatnya penis jadi tampak bengkok. “Beguti bayi lahir, sebaiknya dilihat alat kelaminnya. Supaya bila terjadi kelainan dapat langsung ditangani,” saran dr Turmono SpU, spesialis urologi dari RSU dr Soetomo Surabaya.
Tarmono menambahkan, hipospadi bukanlah penyakit turunan. Hipospadi adalah kelainan bawaan. Artinya, kelainan ini diakibatkan proses pembentukan anatomi semasa si mungil masi dalam kandungan.
Dijelaskan hipospadi dibagi dalam tiga jenis. Ada distal, middle, dan proksimal hypospadia, lubang yang terbentuk mendekati ujung penis. “lima puluh persen kasus adalah hipospadi jenis ini,” tuturnya.
Untuk jenis middle hypospadia, lubang yang muncul pada bagian tengah-tengah penis bagian bawah. Pada kasus ini persentasenya 30 persen. Dikatagorikan hipospadi proksimal, bila lubang muncul mendekati anus. Jumlah penderitanya 20 persen. “kasus yang paling berat adalah proximal hypospadia, kerena lokasinya dekat dengan testis sebagai tempat produksi sperma,” ujarnya.
Pada penyakit ini, alternatif penyembuhannya adalah dengan jalan operasi. “Sebaiknya oparasi dilakukan pada usia 3-5 tahun, dengan pertimbangan pisikoligis anak,” sambung lelaki kelahiran madiun ini. Sebab, bila dilakukan pada usia remaja atau dewasa dikhawatirkan anak terlanjur merasa tidak percaya diri dengan kondisi penisnya.
Syarat kedua anak tidak boleh disunat. “Kulit yang biasany dipotong ketika sunat, digunakan sebagai saluran baru untuk menghubungkan lubang lama dengan ujung penis,” papar Tarmono.
Operasai yang dilakukan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, meluruskan penis dengan membuang jaringan ikat. Tahap kedua, membuat saluran sekaligus lubang kencing baru di ujung penis. “Lama operasi berlangsung selama 2-3 jam,” jelas lulusan FK Unair tahun 1988 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar